Sabtu, 25 April 2015

BAB 5.MANUSIA DAN KEINDAHAN

Manusia dan keindahan



Keindahan

A. pengertian keindahan
keindahan adalah sesuatu kesatuan hubungan- hubungan yang formal dari pada pengamatan yang dapat menimbukan rasa senang atau keindahan itu merangsang timbulnya rasa senang tanpa pamrih pada subyek yang melihatnya, dan bertumpu pada ciri-ciri yang terdapat pada obyek yang sesuai dengan rasa senang tersebut.

B. keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sesuatu benda yang indah

Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak (Beauty as an abstract quality) menggambarkan sesuatu yang kontemporer dan bersifat nonrealistic di mana sang pencipta karya menggambarkan sesuatu yang tidak bisa dimengerti secara umum dan tidak sesuai dengan realita. Keindahan sebagai kualitas abstrak menggambarkan suatu bentuk dalam yang keindahan di mana keindahan tersebut bersifat eksklusif dan hanya dapat dimengerti oleh orang yang menciptakan keindahan tersebut berdasarkan apa yang dipahaminya.
Sedangkan keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah adalah keindahan yang memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak di mana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.

B. keindahan dalam arti seluas
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi :
· keindahan seni
· keindahan alam
· keindahan moral
· keindahan intelektual

D. nilai estetik
Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.Dalam bidang  filsafat, istilah nilai seringkali dipakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berarti keberhargaan (worth) atau kebaikan (goodness). Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.

E. perbedaan nilai ekstrinsik dan intrinsik
nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk seseuatu hal lainnya (instrumental/contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Sedangkan nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda  yang bersangkutanatausebgai tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

-NILAI EKSTRINSIK :
Kualiti yang diterima atau di tolak sebagai alat mencapai sesuatu matlamat. Bergantung pada nilai lain untuk mencapat suata matlamat

-NILAI INSTRINSIK:
Kualiti yang di terima atau di tolak semata-mata karena ia baik atau buruk tanpa mengambil kira kesannya. Tidak bergantung pada nilai lain Nilai peringkat kedua, missal nya berani, rajin dan hormat menghormati





Renungan

Renungan berasal dari kata renung artinya memikirkan sesuatu jadi Renungan adalah pembicaraan diri kita sendiri atau pembicaraan dalam hati kita tentang suatu hal
1.Teori Pengungkapan Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” (Seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia). Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.
2.Teori Metafisik Merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Seniman besar adalah seseorang yang mampu dengan perenungannya itu menembus segi-segi praktis dari benda-benda di sekelilingnya dan sampai pada makna yang dalam, yakni memahami ide-ide dibaliknya.
3.Teori Psikologis Salah satunya ialah teori permainan yang dikembangkan oleh Freedrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1903). Seni merupakan semacam permainan y menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan.
Keserasian
 Keserasian yaitu perpaduan antara dua objek entah itu benda ataupun makhluk hidup yang berbeda namun berjalan dan bergerak ataupun terlihat sangat indah sehingga banyak mata yang ingin melihat,karena perbedaan nya yang mebuat objek tersebut menjadi Indah.Apabila di pisahkan maka tidak akan terlihat indah.
Dalam keserasian ada 2 teori yaitu :
 A. teori objectif dan subjectif
·                     Teori Objectif berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri yang menciptak nila estetika adalah sifat (kulitas) yang memang melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya.Pendukung teori objectif adalah Plato, Hegel 
·                     Teori Subjectif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri sesorang yang mengamati suatu benda. Pendukung nya adalah Henry Home, Earlof Shaffesburry 
       C.Teori Perimbangan
    Dalam arti yang terbatas yakni secara kualitatif yang di ungkapkan dengan angka-angka,  keindahan hanyalah kesan yang subjectif sifatnya dan berpendapat bahwa keindahan sesungguhnya tercipta dan tidak ada keteraturan yakni tersusun dari daya hidup, penggembaraan, dan pelimpahan.
   Teori pengimbangan tentang keindahan dari bangsa Yunanai Kuno dulu dipahami dalam arti terbatas, yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan angka-angka. Keindahan dianggap sebagai kualita dari benda-benda yang disusun (mempunyai bagian-bagian). Hubungan dari bagian-bagian yang menciptakan keindahan dapat dinyatakan sebagai perimbangan atau perbandingan angka-angka.



DAFTAR PUSTAKA :

Buku ILMU BUDAYA DASAR Drs. DJOKO WIDAGDHO,dkk



SOAL PILIHAN GANDA:
1. Apa yang di maksud keindahan seluas-luas nya , kecuali?
a. keindahan seni
b. keindahan alam
c. keindahan moral
d. keindahan pasangan

2. Contoh keserasian ?
a. Apabila di pisahkan maka tidak akan terlihat indah
b. Berbeda pikiran atau pengertia
c. Berbeda ego
d. Apabila susah tidak mau menerima

3. Apa itu teori objektif dalam keindahan,kecuali?
a.  ciri-ciri yang menciptak nila estetika
b. ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada
c. terlepas dari orang yang mengamatinya
d. sifat (kulitas) 

4. Teori-teori apa saja yang terdapat dalam renungan manusia dan keindahan?
a. Teori Pengungkapan Dalil
b. Teori Metafisik
c. Teori Psikologis 
d. semua jawaban benar

5. Apa arti manusia dan keindahan ?
a. pengamatan yang dapat menimbukan rasa senang
b. suka jika melihat orang kesusahan
c. menyebabkan keributan pada umum
d. suka dalam hal hal yang negatif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar